Uji kualitas telur ayam negeri itu perlu dilakukan saat membeli telur atau sebelum memasak telur. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kerugian, karena pembeli juga tidak pernah tahu berapa lama telur-telur tersebut disimpan oleh penjual. Selain itu, kualitas telur yang buruk juga tidak akan baik untuk kesehatan karena bisa jadi sudah mengandung bakteri yang akan merugikan. Karena telur itu sendiri memiliki batas waktu untuk disimpan, pembeli atau calon pengonsumsi wajib mengetahui caranya.

Uji Kualitas Telur dengan Mudah

Cara menguji kualitas telur ada banyak. Namun, cara-cara yang paling mudahlah yang sekiranya masih terjangkau dan praktis untuk dilakukan sehari-hari, bahkan oleh orang awam sekalipun. Berikut ini ada 5 cara mudah menguji kualitas telur yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Meletakkan di dalam air

Cara mudah uji kualitas telur yang paling populer di masyarakat adalah dengan memasukkannya ke dalam air. Siapkan sebuah wadah yang cukup dalam, lalu isi wadah tersebut dengan air. Saat telur ayam negeri dimasukkan ke dalam air, telur yang mengambang atau mengapung adalah telur yang sudah busuk. Sedangkan telur yang tenggelam di dasar dengan posisi mendatar atau berbaring horizontal adalah telur yang masih segar. Jika telur tenggelam tapi posisinya berdiri atau vertikal, maka telur tersebut sudah disimpan lebih dari satu minggu. Namun tetap bisa dikonsumsi.

  1. Menyorotkan cahaya

Cara ini tidak banyak diketahui oleh orang, padahal cara ini adalah cara yang paling mudah dan tidak perlu ribet membawa air dan wadah. Cukup ambil telur dan pegang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Arahkan telur ke arah datangnya cahaya matahari, atau bisa juga dengan bantuan senter. Amati bagian dalam telur. Jika saat diterawang warna telur cerah, berarti kondisi telur masih baik dan aman untuk dikonsumsi. Jika telur berwarna keruh atau buram, berarti telur sudah busuk dan lebih baik tidak dibeli.

  1. Melihat kondisi kuning dan putih telur

Jika sudah terlanjur membeli telur, maka cara menguji kualitas telur bisa dilakukan saat memecahkan telur. Selalu amati kondisi kuning dan putih telur yang ada. Jika putih telur berwarna pekat dan teksturnya sangat kental, maka telur tersebut masih segar. Namun jika putih telur berwarna lebih bening dan posisinya menjauhi kuning telur, maka telur ini sudah tersimpan cukup lama. Namun, tetap bisa dikonsumsi. Jika putih telur sangat encer dan warnanya sangat bening, maka telur tersebut sudah mendekati kebusukan dan lebih baik tidak dikonsumsi.

  1. Mengocok telur di dekat telinga

Cara lain untuk memeriksa kualitas telur adalah dengan mengocoknya di dekat telinga. Jika telur yang dikocok berbunyi pekat dan padat, maka telur masih aman untuk dikonsumsi. Namun jika suada kocokan telur terdengar “tumpah” atau suaranya tersebar, maka telur tersebut lebih baik dibuang karena sudah mendekati busuk.

  1. Mencium aroma

Pemeriksaan kualitas telur juga bisa dilakukan dengan mencium aroma telur. Telur yang segar tidak akan berbau terlalu amis. Sedangkan telur yang sudah lama tersimpan, baunya akan lebih amis, namun tetap aman untuk dikonsumsi. Sementara itu, telur yang busuk pun bisa diketahui hanya dengan mengamati aroma yang muncul, karena bau tidak sedap akan keluar dari telur yang busuk.

Itulah 5 cara mudah uji kualitas telur ayam negeri  yang bisa dilakukan sehari-hari.