Jenis-jenis telur ayam sebetulnya tidak hanya telur ayam kampung dan telur ayam negeri saja. Kalau Anda belum tahu rupanya ada banyak sekali jenis telur ayam yang beredar di pasaran mulai dari telur vegetarian, telur omega 3, sampai telur ayam kate, dan sebagainya. Telur-telur tersebut tentunya juga memiliki kandungan yang berbeda-beda dan ada juga yang warna serta ukurannya berbeda satu dengan lainnya. Untuk lebih jelasnya, maka baca informasi tentang berbagai macam jenis telur ayam yang beredar di pasaran ini, simaklah.

Berbagai macam jenis-jenis telur ayam di pasaran

  1. Telur ayam kampung

Jenis telur ayam yang pertama adalah telur ayam kampung yang mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan telur ayam negeri/ ras. Selain itu, harganya pun juga biasanya lebih mahal dibandingkan dengan telur ayam negeri. Kandungannya memang lebih sehat daripada telur ayam negeri, tapi bukan berarti telur ayam negeri kurang menyehatkan karena yang jadi masalah hanya pada jumlah kandungan telur ayam kampung yang lebih banyak dibandingkan telur ayam negeri. Telur ini dihasilkan dari ayam yang dipelihara secara alami dengan pakan alami, selain itu pertumbuhannya juga cenderung lambat. Bagian kuning telur ini juga lebih kelihatan emas kepekatan dibanding telur ayam negeri

  1. Telur ayam negeri

Berbeda dengan telur ayam kampung, jenis telur ayam negeri ini berukuran lebih besar. Telur ayam negeri juga dibanderol jauh lebih murah ketimbang telur ayam kampung sehingga lebih mudah penjualannya dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Telur ini berasal dari ayam petelur yang sengaja diternakkan bahkan ada yang melalui rekayasa genetika. Rekayasa genetika yang dimaksud adalah dengan cara disuntik agar cepat besar lalu juga dengan pemberian nutrisi pada pakannya. Warna telur ayam negeri bisa berwarna coklat dan ada yang coklat keputihan dengan bentuk bulat lonjong.

  1. Telur ayam kate

Telur ayam kate ini dari tampilannya sebetulnya sama saja dengan telur ayam biasa, hanya saja yang jadi pembeda adalah soal ukurannya yang jauh lebih kecil dibandingkan telur ayam pada umumnya. Ayam kate sendiri sebetulnya adalah salah satu jenis ayam kecil. Telur ayam kate ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh para wanita dan telur ini juga kaya akan nutrisi zat besi.

  1. Telur ayam vegetarian

Jenis telur ayam vegetarian merupakan telur yang berasal dari induk ayam yang hanya diberi pakan berupa tumbuhan saja. Pakan tersebut misalnya kombinasi antara ekstrak sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, serta pangan nabati. Untuk warnanya sendiri hampir sama dengan telur ayam negeri namun tekstur kulitnya jauh lebih halus. Rasanya pun juga sama saja dengan telur ayam negeri, hanya saja kandungan lemaknya lebih sedikit sedangkan warna kuning telurnya lebih tua pekat. Nutrisinya hampir sama seperti telur ayam kampung dan telur ayam ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi berkat kadar kolesterolnya yang rendah.

  1. Telur ayam organik

Jenis telur terakhir ini berasal dari induk ayam yang berkembang dan besar di lingkungan bebas dari herbisida, pestisida, maupun obat-obatan dari bahan kimia untuk kesuburan. Warnanya sedikit berbeda dengan telur ayam pada umumnya, yaitu lebih gelap dan cenderung memiliki ukuran lebih besar. Kulitnya juga lebih tebal dengan tekstur permukaan halus. Soal aromanya jauh lebih amis dengan rasa gurih, sedangkan nutrisinya tak jauh beda dari telur ayam kampung.

Itulah tadi jenis-jenis telur ayam yang beredar saat ini di pasaran, semua bisa dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai macam masakan.