Kandungan gizi telur ayam negeri ternyata ada banyak sekali, mulai dari vitamin, mineral, dan juga protein. Ada lebih dari 90% zat besi dan kalsium yang terkandung dalam 1 kuning telur. Sedangkan dalam putih telurnya ada protein dan asam amino lainnya. Tentu saja semua itu baik untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Telur Ayam Negeri

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai kandungan dalam telur ayam dan juga manfaatnya untuk kesehatan:

  1. Mengandung aneka vitamin

Ternyata di dalam telur terdapat banyak sekali vitamin. Jika selama ini vitamin hanya dikenal dari jenis buah dan sayur, maka telur juga tidak kalah lengkapnya. Satu butir telur dapat mengandung:

  • Vitamin A, untuk kesehatan mata dan memurnikan penglihatan.
  • Vitamin B2, untuk memperlancar pencernaan dan pembentukan energi harian.
  • Vitamin B12, untuk membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia, sehingga baik untuk seseorang dengan riwayat darah rendah.
  • Vitamin D, untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan gigi.
  • Vitamin E, untuk menghalau kerusakan jaringan serta menangkal radikal bebas.
  1. Sumber kalori yang baik

Kandungan 1 butir telur juga diidentikkan dengan adanya kalori yang baik. Satu butir telur dapat menghasilkan kalori yang berasal dari lemak dan protein yang ternyata dapat membantu memenuhi kalori harian jika dikonsumsi saat sarapan. Dengan mengonsumsi telur saat pagi hari, tubuh tidak akan membutuhkan kalori yang lebih besar lagi saat siang hari. Satu telur saat pagi bisa mengurangi kebutuhan kalori harian hingga 400 kalori. Hal ini bisa berefek pada tubuh yang sedang diet, karena nafsu makan akan terkontrol dengan sangat baik. Jika diterapkan secara rutin, para pelaku diet bahkan dapat menurunkan 3 kilogram dalam satu bulan hanya dengan mengonsumsi telur setiap pagi.

  1. Mengandung mineral esensial

Kandungan nutrisi dalam telur yang paling utama adalah beberapa mineral esensial yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan, diantaranya zat besi, fosfor, dan juga zinc. Zat besi baik untuk pembentukan sel darah merah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat darah rendah. Fosfor baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Sedangkan zinc, baik untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan membantu pembentukan energi. Selain tiga zat tersebut, ada juga beberapa unsur kecil berupa yodium dan antioksidan. Yodium bermanfaat untuk membentuk dan menstabilkan hormon. Sedangkan antioksidan berperan dalam mengurangi risiko kanker.

  1. Sumber protein rendah lemak

Dalam satu butir telur ada sekitar 6,5 gram protein dan 70-85 kalori. Protein ini berasal dari putih telur yang rendah lemak. Hal ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri dari sifat telur karena protein yang dikandung telur berbeda dengan jenis protein hewani lainnya. Telur disebut-sebut sebagai makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

  1. Kolin untuk pencegahan kanker

Dalam putih telur ada juga kandungan zat yang baik untuk mencegah kanker, yaitu kolin. Ada sekitar 125,5 miligram kolin dalam satu butir telur, yang itu berarti dapat memenuhi seperempat kebutuhan kolin harian. Kolin dalam telur ini sudah diteliti dan terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kanker payudara pada wanita hingga 24%. Dari fakta tersebut, sudah jelas bahwa telur sangat baik untuk para wanita untuk meminimalkan risiko kanker payudara.

Itulah 5 kandungan gizi telur ayam negeri yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.