Telur ayam jago mungkin belum terlalu populer di masyarakat, karena memang belum banyak yang tahu jika ternyata ayam jago pun bisa bertelur. Namun, itulah fakta yang ada. Ayam jago atau ayam jantang juga bisa bertelur.

Telur Ayam Jago dan Cirinya

Ciri utama dari telur negeri ayam jago adalah memiliki bentuk yang cenderung bulat dengan ukuran telur yang kecil. Ukuran dan bentuknya mirip dengan telur burung puyuh, hanya saja cangkangnya polos dan tidak bertekstur. Jika dipecahkan, telur ayam jago tidak mengandung kuning telur dan hanya mengandung putih telur saja. Namun, walaupun demikian telur ayam jago ini juga bisa dikonsumsi layaknya telur ayam betina.

Manfaat Telur Ayam Jago

Manfaat telur ayam jago tidak jauh berbeda dengan manfaat telur ayam betina. Namun, karena telur ini tidak memiliki kuning telur, manfaatnya untuk kesehatan juga hanya berkaitan dengan kandungan protein yang tinggi yang terkandung di dalam putih telurnya.

  1. Membentuk jaringan baru

Pembentukan sel-sel dan jaringan baru di dalam tubuh dipengaruhi oleh asupan protein yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan protein dalam telur ayam jago ini dipercaya lebih banyak daripada protein yang terdapat di dalam telur ayam betina. Oleh karena itu, sel dan jaringan tubuh yang rusak bisa segera tergantikan dengan sel dan jaringan baru.

  1. Mengandung mineral

Telur ayam jago yang hanya terdiri dari putih telur ternyata juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Sejumlah kandungan kalium, magnesium, zat besi, kalsium, dan fosfor ada di dalam putih telur, walaupun tidak sebanyak yang terdapat dalam kuning telur. Mineral tersebut juga bisa berguna jika masuk ke dalam tubuh dan diolah dalam sistem metabolisme yang baik. Dari sistem metabolisme tersebut, penyebaran sari-sari makanan dan oksigen juga akan menjadi lebih lancar.

  1. Sumber folat dan vitamin

Selain mineral, telur ayam jago juga ternyata mengandung riboflavin dan selenium. Kedua zat tersebut adalah sumber bagi terbentuknya mikronutrien seperti kolin dan vitamin B-12, dimana kedua zat tersebut juga akan berperan penting bagi kesehatan dan kelancaran metabolisme di dalam tubuh.

  1. Tidak mengandung kolesterol

Khasiat telur ayam jago yang paling utama adalah karena kandungan kolesterolnya yang nol. Mengonsumsi telur ayam jago akan memberikan ketenangan tersendiri karena telur ayam jago ini sama sekali tidak mengandung kolesterol, baik itu kolesterol baik (HDL), apalagi kolesterol jahat (LDL).

  1. Baik untuk diet

Selain rendah kolesterol, telur ayam jantan ini juga rendah kalori. Telur ayam jago menjadi bahan makanan yang baik untuk orang yang sedang diet. Selain karena tidak mengandung kolesterol, telur ayam jago juga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga bisa membantu mengatur pola dan nafsu makan.

  1. Membentuk hormon dan enzim

Pembentukan hormon dan enzim sangat dipengaruhi oleh protein yang masuk ke dalam tubuh. Telur ayam jago yang banyak mengandung protein hewani bisa membantu kelancaran terhadap proses pembentukan hormon dan enzim. Bukan hanya itu, protein hewani tersebut juga berfungsi sebagai alat pengatur fungsi dari hormon yang sudah terbentuk.

  1. Sumber energi

Protein hewani yang terkandung di dalam telur ayam jago juga bisa menjadi sumber energi untuk kegiatan sehari-hari. Sebelum diubah menjadi energi, protein tersebut akan tersimpan terlebih dahulu sebagai energi kimia. Ketika tubuh beraktivitas, maka energi kimia tesebut akan diubah menjadi energi gerak.

Itulah 5 manfaat telur ayam jago untuk kesehatan yang bisa didapatkan.