Artikel pengertian telur ayam negeri yang lengkap memang dibutuhkan untuk wawasan yang lebih luas. Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian telur ayam, sifat telur ayam, serta fakta menarik seputar telur ayam negeri.

Atikel Pengertian Telur Ayam Negeri

Definisi telur ayam negeri adalah bahan pangan bergizi yang dihasilkan oleh unggas jenis ayam negeri dan merupakan sumber makanan hewani yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan juga asam lemak. Telur ayam negeri adalah bahan makanan yang sehat untuk anak-anak dan dewasa.

Sifat-sifat Telur Ayam Negeri

Adapun sifat-sifat telur ayam negeri antara lain:

  1. Bagian ayam negeri yang paling rapuh adalah cangkangnya. Biasanya cangkang telur mudah pecah karena terkena beban atau tekanan yang besar. Cangkang telur ayam negeri tidak bisa diperlakukan dengan kasar. Untuk menyimpannya juga harus hati-hati.
  2. Telur memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Bentuk utamanya juga tidak bulat sempurna, melainkan agak lonjong.
  3. Kelembaban udara relatif serta suhu di sekitar telur bisa mempengaruhi kualitas telur karena keadaan lingkungan sekitar bisa menyebabkan perubahan teknis dan juga pekembangan bakteriologisnya.
  4. Harga satu butir telur biasanya setara dengan dua batang rokok. Namun, kandungan nutrisi dalam telur pas untuk memenuhi gizi ibu hamil dan menyusui jika dibandingkan dengan nutrisi dari dua potong daging sapi setiap hari.
  5. Mengonsumsi telur sebanyak dua butir setiap hari dapat memenuhi 400 gram kolesterol. Sementara maksimal asupan kolesterol dalam sehari adalah 1.000 hingga 1.500 gram per hari.
  6. Karena sangat mudah didapatkan, telur ayam negeri juga sering dijadikan bahan makanan darurat. Banyak juga resep olahan telur yang dibuat, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit sekalipun.

Fakta Menarik seputar Telur Ayam Negeri yang Jarang Diketahui

Berikut ini ada beberapa fakta menarik seputar telur ayam negeri yang mungkin jarang diketahui.

  1. Mengecek mutu atau kualitas telur bisa dilakukan dengan tiga metode, yaitu memasukkan ke dalam air, memecahkan telur, dan juga meneropong telur dengan gulungan kertas.
  2. Jika ingin membuat kue yang mengembang sempurna dengan kuning dan putih telur, kekentalan telur yang digunakan akan sangat mempengaruhi. Jika telur berasal dari kulkas, ada baiknya diamkan dulu hingga kurang lebih 2 jam sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan struktur telur agar kembali normal.
  3. Cara mengecek kekentalan telur yang baik untuk membuat cake atau kue adalah dengan uji tetes. Angkat mixer atau sendok yang digunakan untuk mengocok telur. Jika telur masih menetes, maka telur masih belum sempurna kocokannya. Jika sudah tidak menetes, maka itulah hasil kocokan yang sempurna.
  4. Jika ingin membuat kue yang mengembang sempurna dengan bahan putih telur, pastikan wadah pengocok telur benar-benar bebas dari lemak. Karena lemak akan sangat berpengaruh pada hasil kue. Jika putih telur baru saja dikeluarkan dari kulkas, diamkan dulu hingga kurang lebih 1 jam. Tujuannya untuk mengembalikan struktur ke tatanan semua.
  5. Untuk mengocok putih telur sebagai bahan tambahan kue, tambahkan 1 sendok makan air untuk satu butir putih telur. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kocokan yang lebih sempurna dan mengembang. Bisa juga ditambahkan air perasan lemon sebanyak ½ sendok teh untuk setiap 100 mililiter putih telur.

Demikianlah artikel pengertian telur, sifat telur, dan beberapa fakta menarik seputar telur ayam negeri.