Masakan serba telur yang dimasak dengan cara itu-itu saja pasti membuat keluarga cepat bosan. Jika sudah begini, artinya sudah harus membuat inovasi baru dalam menyajikan sajian telur dengan rasa yang menggugah selera. Telur adalah sumber protein hewani yang sangat mudah diperoleh, harganya murah dan nutrisi yang terkandung sangat banyak. Beberapa hal inilah yang membuat telur menjadi primadona hingga saat ini untuk dijadikan sajian saat bulan puasa yakni saat berbuka atau saat santap sahur.

Beberapa Masakan Serba Telur yang Harus Dicoba

Jika Anda memiliki telur ayam negeri yang masih banyak tersimpan dan bingung ingin menyajikan apa untuk berbuka puasa atau santap sahur, berikut ini adalah beberapa resep masakan dari telur yang berasal dari beberapa negara yang dapat dicontoh dan dibuat dengan cita rasa lezat.

  1. Doro Wat

Sajian berbahan dasar telur dari Ethiopia Doro Wat dapat dijadikan menu buka puasa atau sahur. Doro Wat adalah sajian telur resbus yang penyajiannya dikombinasikan dengan daging ayam atau daging sapi cincang. Bahkan sajian ini dapat dikombinasikan dengan daging domba yang dimasak secara lambat. Tak hanya daging, Doro Wat juga disajikan dengan berbagai sayuran yang dibumbui dengan rempah khas Ethiopia seperti niter kibeh dan berbere. Selain menyehatkan dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, sajian ini juga bercita rasa nikmat.

  1. Kuku

Jika sudah bosan dengan masakan serba telur ayam, cobalah menu Kuku. Kuku merupakan salah satu hidangan berbahan dasa telur yang berasal dari Iran. Kuku merupakan sajian omelet panggang yang diisi dengan berbagai rempah, sayuran serta daging dengan cita rasa yang khas dan sangat lezat. Di Iran, Kuku merupakan menu masakan khas yang disajikan pada saat tahun baru. Kuku adalah olahan telur yang mirip dengan Frittata. Frittata merupakan sajian khas berbahan dasar telur dari Italia. Omelet panggang asal Iran ini sangat sehat karena memadukan beberapa sayuran seperti bayam, rempah hijau dan bumbu langka yakni kelopak mawar yang diracik sedemikian rupa. Cita rasa yang dihasilkan olahan telur yangs atu ini akan sulit dilupakan dan akan selalu teringat di lidah penikmatnya.

  1. Hueveos Rancheros

Selanjutnya ada Huevos Rancheros yang merupakan sajian telur yang berasal dari Meksiko. Hidangan ini merupakan menu sarapan yang sangat popuer di Meksiko karena mengandung nutrisi yang membuat tubuh berenergi maksimal. untuk itu, sajian yang satu ini dapat dijadikan pilihan tepat untuk asupan sahur. Huevos Rancheros merupakan sajian telur goreng yang dikombinasikan dengan roti tortila yang memiliki rasa khas. Untuk lebih berasa nikmat, hidangan ini disajikan dengan saus tomat dan cabai segar serta dengan kacang panggang sebagai pelengkapnya. Anda juga dapat mengkonsumsi hidangan ini dengan nasi atau alpukat untuk mencukupi asupan karbohidrat.

  1. Khasi Yat Sai

Makanan dari telur ayam negeri dari negara tetangga selanjutnya ada Khai Yat Sai dari Thailand. Sajian ini merupakan omelet yang dibuat dari empat butri telur ayam dan diisi dengan daging cincang, beragam sayuran dan diberi bumbu khusus yang dicincang halus. Hidangan lezat ini biasa disajikan dengan saus ikan, saus tiram serta raburan lada hitam.

Masakan serba telur di atas tentunya sangat inovatif yang dijamin dapat membuat keluarga tercinta menjadi semakin penasaran untuk menikmatinya.