Cara bisnis jualan telur untuk pemula tidaklah sesulit yang dibayangkan. Telur memang merupakan bahan sembako yang memiliki daya tarik luar biasa untuk dikonsumsi. Nutrisi yang sangat beragam yang terkandung di dalamnya seperti berbagai mineral, berbagai vitamin, asam folat, fosfor, kolin dan masih banyak lagi tidak membuat harganya melambung tinggi. Dibandingkan dengan daging, harga telur jauh lebih murah dan dapat disimpan jauh lebih lama. Telur juga sangat fleksibel dalam hal pengolahannya karena dapat diolah menjadi berbagai macam sajian. Karena alasan tersebutlah banyak orang yang banting stir untuk berbisnis telur ayam khususnya telur ayam negeri.

Ikutilah Cara Bisnis Jualan Telur Untuk Pemula

Bisnis dagang telur ayam negeri dengan prospek yang menjanjikan membuat banyak orang tertarik untuk berkecimpung di dalamnya. Namun untuk menjadi pengusaha telur sukses dibutuhkan kerja keras dan beberapa cara tidak langsung berhasil karena semua membutuhkan proses. Berikut ini adalah tips dan cara berdagang telur bagi pemula:

  1. Perhatikan kualitas telur yang hendak dijual

Sebagai pemula, memperoleh pelanggan sebanyak mungkin adalah pencapaian yang mengantarkan pada gerbang kesuksesan. Agar memperoleh pelanggan setia, kualitas telur haruslah selalu diperhatikan sebelum Anda menjualnya pada konsumen. Sekecil apapun cacat yang terdapat pada telur, maka konsumen akan merasa kecewa dan kemungkinan besar enggan membeli telur yang Anda dagangkan lagi. Bagi pemula, pilihlah telur berkualitas dari agen atau peternak langsung dengan ciri cangkang utuh dan tidak terkena kotoran, tidak berbau busuk serta jika dikoyak tidak bersuara. Lalu tentukan harga jual telur eceran yakni per butir yang berukuran kecil berapa, sedang berapa dan besar berapa dengan perhitungan tepat supaya tidak merugi. Tentukan juga harga per kg telur jika ada yang hendak membeli kiloan dan tentukan harga telur per rak jika ada yang membutuhkan satu rak telur. Biasanya pembelian satu rak telur akan jauh lebih murah dibanding eceran.

  1. Tempatkan telur pada wadah yang aman

Selanjutnya, terdapat tips bisnis jualan telur untuk pemula yakni masalah pengemasan telur. Anda dapat menjual telur dengan sarana kendaraan motor atau mobil seara berkeliling atau pada lapak atau kios. Yang terpenting adalah tempatkan telur pada wadah khusus telur sehingga telur dapat tahan benturan dalam perjalanan. Jika ada telur yang rusak atau retak, segera pisahkan supaya tidak menimbulkan bau busuk.

  1. Menentukan cara berjualan telur

Pemilihan cara berdagang adalah cara memulai bisnis telur ayam bagi para pemula yang harus dipikirkan secara matang. Kalkulasikan biaya bahan bakar dengan penjualan sehingga tidak mengalami kerugian. Ada banyak sekali cara bejualan dari mulai berkeliling dengan motor, berkeliling dengan mobil, berkeliling dengan gerobak atau secara kaki lima yakni berhenti di tempat-tempat strategis. Yang paling penting adalah wadah telur yang kokoh dan menjauhkan telur dari kerusakan.

  1. Memilih lokasi yang strategis

Apabila Anda memilih untuk membuka toko atau kios penjualan telur, pilihlah lokasi yang strategis supaya usaha telur cepat berkembang. Karena konsumen telur kebanyakan kalangan rumah tangga, industri makanan dan pengusaha kue maka lokasi yang strategi untuk membuka kios andalah di kompleks perumahan, rumah makan, pasar, jalan protokol dan masih banyak lagi. Akan lebih baik jika Anda dapat menyediakan bahan sembako lainnya.

Ternyata cara bisnis jualan telur untuk pemula sangat mudah untuk dipraktekkan kan? Pasti banyak diantara Anda yang sudah tidak sabar untuk memulai bisnis menguntungkan yang satu ini. Semoga berhasil!