Cara membuat kandang ayam telur bisa dilakukan dengan cara yang modern namun tetap mudah. Cara tersebut adalah dengan membuat kandang ayam baterai untuk ayam petelur. Kandang ayam baterai ini adalah kandang berbentuk balok sangkar yang disusun memanjang. Bisa juga disusun dengan bertingkat. Satu sangkar bisa menampung satu hingga dua ayam betina dewasa. Bagaimana caranya?

Cara Membuat Kandang Ayam Telur dengan Teknik Kandang Baterai

Cara buat kandang ayam telur untuk ternak yang satu ini terbilang cocok untuk pengusaha atau peternak ayam petelur yang tidak memiliki cukup lahan. Selain itu, kandang ini juga cocok untuk Indonesia yang beriklim tropis:

  1. Bahan yang diperlukan

Bahan yang diperlukan untuk membuat kandang baterai ayam telur adalah bambu atau kawat. Peternak bisa membuat sendiri kandang baterai itu dari bahan bambu atau kawat. Namun, jika memiliki modal yang lebih, peternak juga bisa membeli kandang baterai secara langsung, karena jenis kandang ini juga tersedia di pasaran.

  1. Ukuran kandang

Ukuran kandang ayam petelur modern ini juga sudah ditentukan dan ada standarnya. Adapun ukuran standar kandang baterai ayam petelur ini adalah memiliki panjang 40 cm dengan lebar sebesar 40 cm. Sedangkan tinggi depan dan belakang berbeda, yaitu depan 37 cm sedangkan belakang 30 cm. Jadi ada kemiringan dari kandang baterai ini. Tujuannya agar telur yang keluar bisa segera terguling ke depan sehingga lebih mudah untuk memanen telurnya. Ukuran tersebut bisa menampung satu sampai dua ekor ayam negeri.

  1. Tempat untuk pakan dan minum

Karena kandang baterai ini biasanya bertingkat, maka tempat pakan dan minum juga dibuat bertingkat. Tempat pakan sebaiknya berada di bawah agar ayam bisa lebih mudah menjangkau. Sementara minum berada di atas. Pembuatan tempat pakan bisa berbahan pipa atau kayu. Namun kebanyakan peternak lebih menyukai pipa karena lebih terjangkau dari segi harga dan bahan.

  1. Posisi penempatan kandang

Cara membuat kandang ayam petelur yang harus diperhatikan adalah posisi penempatan kandang. Kandang baterai sebaiknya disusun di bawah sebuah naungan atap. Selain itu, penataan kandang lebih baik dibuat seperti rumah panggung, sehingga ada batas yang jelas antara kandang ayam dengan kotoran ayam yang dibiarkan jatuh ke lantai. Hal ini akan lebih memudahkan ruangan kandang agar lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, jika kandang memang ingin dipasang bertingkat, peletakan antara kandang yang atas dengan kandang yang bawah tidak boleh dalam satu garis vertikal lurus, melainkan dibuat bergeser seperti pola penataan anak tangga. Dengan demikian, kotoran ayam dari tingkat atas tidak akan mengganggu ayam yang posisinya lebih di bawah. Maksimal penataan tingkatan kandang hanya disarankan sampai tiga tingkatan saja agar lebih efektif dalam proses beternak.

Demikian cara dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang baterai ayam petelur. Adapun kelebihan dan kekurangan kandang jenis ini adalah sebagai berikut.

Kelebihan Kandang Baterai Ayam Petelur

  • Ada sirkulasi udara yang baik
  • Ayam tidak akan bertarung dengan ayam lain
  • Jika ada ayam yang sakit atau mati, proses evakuasi akan lebih mudah dilakukan
  • Proses panen telur dari ternak mudah dilakukan
  • Telur yang dihasilkan akan bersih
  • Ayam tidak akan kehilangan banyak energi
  • Kandang mudah dibersihkan

Kekurangan Kandang Baterai Ayam Petelur

  • Membutuhkan modal awal yang cukup besar
  • Ayam akan lebih mudah terserang kelumpuhan
  • Kandang yang telat dibersihkan akan mengundang lalat

Itulah cara membuat kandang ayam telur untuk lahan sempit.