Gambar telur ayam banyak dicari oleh masyarakat saat ini karena dianggap lucu dan menarik. Bentuk telur yang khas cenderung oval membuatnya menarik untuk dilihat selain dapat dijadikan hidangan lauk dengan rasa gurih yang khas. Telur merupakan salah satu bahan sembako yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar. Selain dijadikan sebagai lauk, saat ini telur juga banyak dibutuhkan oleh para pengusaha makanan sebagai salah satu bahan pembautan kue, roti atau snack lainnya.

Gambar Telur Ayam dan Fakta Menariknya

Karena bentuknya yang khas dan unik, kini banyak beredar gambar telur lucu di dunia maya. Jika dilihat dari bentuknya yang lucu dan khas, rasanya sayang sekali jika harus memecahkannya cangkangnya untuk diolah. Bahkan cangkang telur banyak digunakan sebagai salah satu bahan kerajinan tangan. Jadi, pemecahan telur tidak dilakukan dengan cara biasanya yakni memukulnya tapi dengan membuat lubang kecil saya di bagian ujung. Dengan demikian, kulit atau cangkang telur akan terlihat seperti untuh meskipun isinya telah dikeluarkan. Cangkang-cangkang dengan bentuk demikian nantinya dapat diberi gambar atau dijadikan hiasan lainnya.

Itu hanyalah sekelumit tentang fakta telur yang belum banyak diketahui. Masih ada banyak fakta mengenai telur ayam yang lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai telur ayam negeri:

  • Ayam dapat menghasilkan telur dalam usia tertentu

Ternyata setelah berusia 20 minggu, ayam sudah dapat memproduksi telur. Tentu saja ayam betina memerlukan ayam jantan untuk dapat menghasilkan telur-telur berkualitas.

  • Telur fertil dapat ditetaskan dengan baik

Jika dilihat dari gambar telur menetas yang saat ini sudah banyak beredar, ternyata tidak semua telur dapat menetas dengan baik. Telur fertil adalah telur yang dapat ditetaskan. Telur fertil ialah telur yang dihasilkan oleh induk betina dari hasil pembuahan ayam jantan.

  • Ayam bisa bertelur tanpa dibuahi

Terdapat beberapa jenis ayam yang dapat bertelur tanpa dibuahi oleh ayam jantan. Hal ini dikarenakan ukuran panggul sang ayam betina kecil atau sempit. Ayam yang mengalami anomali atau kelainan juga dapat menghasilkan telur tanpa pembuahan dari ayam jantan.

  • Ayam bisa berpindah saat menempatkan telur

Kebiasaan ayam betina saat bertelur ialah menempati tempat yang sama. Ayam akan menempatkan telurnya dimana ia bertelur sebelumnya. Namun ternyata karena beberapa hal seperti perubahan suhu yang ekstrim, stress, kekurangan air bersih atau karena musim dingin dapat membuat ayam betina merubah kebiasaannya tersebut dan tidak meletakkan telur di tempat yang sama.

  • Ayam betina memiliki ribuan bakal calon telur

Ternyata fakta unik lain yang ditemukan ialah seekor ayam betina memiliki gerombolan calon telur-telur dengan ukuran kecil yang berwarna kuning di dalam tubuhnya. Jika sudah matang, ovum akan dilepaskan oleh ayam betina melalui saluran telur yang siap berkembang dan tumbuh semakin besar menjadi telur bercangkang dengan bentuk oval yang lucu. Hal inilah salah satu penyebab banyak orang mencari animasi telur bergerak untuk sekedar hiasan atau lucu-lucuan.

  • Sel telur perlu 25 jam untuk dibuahi

Ayam betina memang sudah memiliki bakal calon telur secara otomatis. Ovum atau sel telur harus meninggalkan rahim terlebih dahulu sebelum bisa dibuahi oleh sperma dari ayam jantan. Untuk dapat meninggalkan rahim, sel telur memerlukan waktu sekitar 25 jam sebelum pembuahan terjadi.

Setelah mengetahui beberapa fakta menarik tentang telur ayam, pasti Anda semakin ingin memiliki gambar telur ayam yang lucu-lucu.