Grosir telur ayam jogja yang telah tersebar di berbagai tempat karena tingginya permintaan dan kebutuhan masyarakat akan telur ayam negeri. Sebagai kota atau area dengan masyarakat yang sebagian besarnya adalah konsumen telur harian, Yogyakarta mempunyai peluang besar untuk para pebisnis telur. Selain masyarakat kalangan rumah tangga, konsumen telur yang rutin ada setiap hari ada dari pengusaha atau industri makanan dan kue. Diketahui jika Yogyakarta memiliki banyak industri makanan dengan telur sebagai salah satu bahan dasar produksinya.

Cara Memulai Bisnis Grosir Telur Ayam Jogja

Bagi Anda yang hendak memulai bisnis grosir telur ayam khususnya untuk memasok kebutuhan telur masyarakat Jogja dan sekitarnya, terdapat beberapa langkah untuk memulai dan mengembangkan bisnis grosir telur ayam menjadi berkembang:

  1. Menentukan agen besar yang berkualitas

Langkah atau cara pertama saat menitih bisnis grosir telur ayam adalah menentukan agen sebagai pemasoknya. Agen yang dipilih sangat direkomendasikan agen yang sudah besar dan berpengalaman sehingga memiliki sirkulasi pemutaran telur yang baik. Telur yang disediakan oleh agen juga lebih baik yang berkualitas dengan timbangan yang pas. Akan lebih baik jika Anda dapat bekerjasama dengan produsen telur ayam di jogja sehingga dapat memperoleh harga yang lebih terjangkaud an telur yang selalu segar. Jangan hanya memiliki satu agen atau peternak saja. Paling tidak miliki 2 agen atau peternak telur dengan jadwal pengambilan yang tertata sehingga jika salah satu di antaranya sedang mengalami kendala, masih ada agen atau peternak lain.

  1. Tentukan harga telur yang bersaing

Prospek bisnis grosir telur sangat bagus dan memiliki peluang besar untuk dapat berhasil dalam menjalankan bisnis ini. Hal inilah yang membuat agen atau  distributor telur di yogyakarta semakin subur bermunculan. Pemasukan rupiah yang menjanjikan membat banyak orang yang tertarik untuk eralih jalur ke bisnis telur. Banyaknya pesaing bisnis telur, membuat harus putar otak untuk mencari ide salah satunya dengan membuat harga jual kompetitif dan lebih terjangkau dari agen lainnya. Hal ini akan lebih mudah terlaksana jika berhasil bekerjasama dengan peternak sehingga harga belinya lebih murah. Selalu  memperhitungkan berbagai hal dalam menentukan harga supaya tidak merugi. Keuntungan yang tidak terlalu tinggi tapi proses perputaran telur lancar sehingga selalu menyediakan telur segar berkualitas akan lebih baik dibandingkan dengan keuntungan banyak namun banyak konsumen yang pindah agen lain.

  1. Perhatikan jangkauan konsumen

Tempat dan pemasaran merupakan dua point yang sangat penting dalam berbisnis telur. Untuk itu, pilihlah lokasi pembangunan gerai grosir telur yang strategis yang dekat dengan konsumen telur dari beberapa kalangan seperti rumah tangga, pengusaha makanan, produsen kue atau camilan dan lain sebagainya. Apabila ada kesempatan, menawarkan produk telur Anda pada toko-toko kelontong, pasar tradisional atau swalayan adalah langkah yang sangat tepat. Apalagi jika dapat memberikan pelayanan yang memuaskan, pihak-pihak tersebut akan menjadi pelanggan setia.

  1. Memiliki modal transportasi dan layanan siap antar

Modal transportasi untuk pengambilan telur dari pihak agen besar atau peternak telur di Yogyakarta sangat penting keberadaannya. Kendaraan yang dapat dipergunakan antara lain mobil dengan bak terbuka, mobil box atau sepeda motor yang dilengkapi dengan box. Apalagi jika Anda menyediakan layanan pesan antara untuk konsumen telur, maka dipastikan akan banyak konsumen yang berdatangan. Jadi, konsumen hanya tinggal memesan dan telur diantar ke toko, kios, warung, pasar atau yang lainnya dengan mobil tersebut. Pembayaran dilakukan saat telur sampai ke tempat tujuan.

Demikian beberapa informasi mengenai cara membuka atau membuat gerai grosir telur jogja yang merupakan bisnis dengan keuntungan besar. Selalu ingat untuk menyediakan telur ayam segar berkualitas dan dengan harga yang bersaing dengan agen grosir lainnya supaya konsumen dan pelanggan semakin meningkat.