Kandungan dalam telur ayam negeri itu memang sangat banyak, baik dari bagian kuning telur maupun putih telur. Walaupun keduanya memiliki perbedaan dari segi tekstur dan juga nutrisi, keduanya memiliki manfaat yang positif untuk kesehatan.

Kandungan dalam Telur Ayam Negeri

Kandungan nutrisi berikut ini diasumsikan berasal dari telur ayam negeri sebanyak 1,5 ons atau setara dengan 1 butir telur ayam negeri rata-rata:

  1. Kolesterol

Kandungan nutrisi dalam telur yang banyak diketahui adalah kolesterol yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu banyak orang yang justru menghindari telur, terutama saat diet. Padahal dalam 1,5 ons telur hanya terkandung 186 miligram. Sedangkan batas aman konsumsi kolesterol harian adalah 300 miligram per hari. Itu berarti menghindari telur karena takut terkena kolesterol adalah tidak perlu dilakukan. Selain itu, kolesterol yang terkandung dalam telur adalah kolesterol baik, bukan kolesterol jahat.

  1. Lemak

Dalam 1,5 ons telur terkandung 4,5 gram lemak. Jika satu gram lemak adalah setara dengan 9 kalori, itu berarti dalam 1,5 ons telur terkandung 41 kalori dari lemak.

  1. Protein

Ada sekitar 6,3 gram protein dalam satu butir telur. Jika satu gram protein setara dengan 4 kalori, maka kalori yang berasal dari protein adalah setara dengan 25 kalori.

  1. Kalori

Selain mengandung 41 kalori dari lemak, di dalam 1,5 ons telur terkandung jenis kalori lain, yaitu 25 kalori yang berasal dari protein. Jadi, kandungan kalori dalam 1,5 ons telur ayam negeri mencapai 66 kalori. Itulah alasan mengapa banyak orang yang menyebutkan bahwa telur bisa menambah energi.

Perbedaan Kuning dan Putih Telur

Kandungan gizi telur adalah berasal dari kuning dan putih telur. Namun, keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Itu berarti masing-masing diantaranya juga memiliki kandungan gizi yang berbeda.

Kuning telur disebut-sebut sebagai bagian telur yang lebih kaya nutrisi jika dibandingkan dengan putih telur. Dalam kuning telur memang terkandung mineral dan berbagai vitamin, diantaranya:

  • Vitamin B2
  • Vitamin B12
  • Vitamin B6
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Omega-3
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Potassium
  • Kolesterol
  • Phosphor

Sementara itu, di dalam putih telur hanya ada kandungan protein yang sangat tinggi. Selain protein, di dalam putih telur juga ada vitamin A, vitamin B12, dan juga zat riboplavin. Jenis protein yang ada di dalam putih telur pun terdiri dari 40 jenis protein kualitas terbaik. Selain itu, putih telur juga tidak mengandung lemak dan kolesterol. Sehingga, putih telur ini baik untuk orang yang memang sedang menghindari lemak.

Keunggulan dari protein yang ada di dalam putih telur adalah proses penyerapannya yang relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan protein dari bahan makanan lain seperti daging. Jika dengan mengonsumsi daging, manusia hanya mampu memperoleh 1/3 dari keseluruhan protein, dengan mengonsumsi putih telur, tubuh manusia akan menyerap 100% dari keseluruhan protein yang ada dari manfaat telur.

Kandungan putih telur dan kuning telur memang sangat berbeda. Jika keduanya disatukan, akan terbentuk suatu komposisi nutrisi yang baik untuk tubuh manusia normal. Namun, untuk penderita diabetes, biasanya putih telur yang lebih aman dikonsumsi karena rendah lemak.

Itulah kandungan dalam telur ayam negeri, baik dari kuning telur maupun dari putih telur yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.