Telur ayam untuk membentuk otot sudah menjadi rahasia umum. Hal ini terbukti secara medis dan sudah banyak dipraktikkan oleh para olahragawan dan binaragawan dalam pembentukan otot. Mereka mengkonsumsi putih telur dalam jumlah atau porsi tertentu di samping rajin melakukan latihan otot dan hasilnya sangatlah memuaskan. Massa otot menjadi cepat bertambah dan tubuh menjadi semakin atletis. Hal ini dikarenakan dukungan nutrisi terutama protein yang terdapat putih telur mampu mengoptimalkan pembentukan otot jika dikonsumsi saat melakukan latihan beban.

Khasiat Telur Ayam Untuk Membentuk otot

Kebutuhan protein sehari-hari antara pria dan wanita memang berbeda. Untuk pria, kebutuhan protein per hari ialah 56 gr sedangkan untuk wanita 46 gr. Namun jika ingin membentuk tubuh menjadi lebih atletis, asupan protein haruslah lebih besar dari jumlah normal tersebut. Alasan inilah yang membuat putih telur merupakan asupan yang paling tepat dalam pembentukan otot karena kandungan protein kompleks yang terdiri dari asam amino. Kandungan tersebutlah yang membuat putih telur menjadi sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Karena itu, konsumsi putih telur tidak hanya berfungsi untuk pembentukan otot saja namun juga dapat melancarkan pencernaan dan membuat usus tidak mudah iritasi.

Cara mengolah putih telur untuk pembentukan otot yang paling tepat ialah direbus tanpa penambahan bahan atau bumbu lain. Jadi hanya murni telur rebus tanpa tambahan apapun. Putih telur notabenya lebih mendukung pembentukan otot karena hanya mengandung protein dan vitamin E daripada kuning telur. Kuning telur ayam juga memiliki kadar protein, namun terdapat kandungan lainnya yakni lemak dan kolesterol yang jika dikonsumsi saat membentuk badan atau pembentukan otot kurang baik karena dapat mengganggu proses. Apabila mengalami kebosanan jika setiap hari harus mengonsumsi putih telur rebus, variasi olahan juga dapat dilakukan sesekali dalam satu minggu atau dua minggu. Berbagai olahan tersebut antara lain diorek dengan minyak sangat sedikit saja, diolah menjadi omelet putih telur dengan sedikit minyak atau dibuat shake tergantung selera.

Jika banyak orang yang bertanya akan manfaat putih telur mentah untuk otot, jawabannya secara medis, konsumsi putih telur secara mentah untuk alasan pembentukan otot tidaklah dianjurkan. Hal ini dikarenakan resiko tercemarnya telur karena adanya bakteri salmonella. Oleh sebab itu, para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi putih telur matang dalam rangka pembentukan otot. Bakteri salmonella sendiri dapat berasal dari kotoran-kotoran yang menempel pada cangkang atau kulit telur yang mengkontaminasi telur melalui pori-pori apabila tidak segera dibersihkan. Bahkan saat sebelum diolah menjadi masakan, sebaiknya cucilah cangkang atau kulit telur terlebih dahulu untuk emmastikan tidak ada kotoran sedikitpun yang menempel.

Mengenai berapa telur sehari untuk membentuk otot, jumlahnya sangat tergantung dari kebutuhan masing-masing individu karena sangat besar kemungkinannya antara satu orang dengan orang lain kebutuhan angka proteinnya saat pembentukan ototnya berbeda. Kebutuhan porsi putih telur juga tergantung apda tahapan pembentukan otot. Jika sudah menjadi olahragawan atau binaragawan profesional, 20 butir putih telur ayam sehari adalah hal biasa seperti halnya yang dikonsumsi oleh Ade Rai. Bagi pemula hingga yang sudah profesional pembentukan ototnya memiliki takaran asupan putih telur yang berbeda. Putih telur menjadi penyuplai protein yang sangat bermanfaat dalam pembentukan energi tubuh bagi para binaragawan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat dan informasi lainnya tentang telur ayam untuk pembentukan otot. Semoga artikel ini bermanfaat.