Manfaat telur ayam untuk otak sangat baik karena berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya. Hingga saat ini telur merupakan bahan lauk atau sumber protein hewani yang sangat difavoritkan oleh masyarakat semua kalangan karena sangat mudah ditemukan, harganya tidak terlampaui mahal dan gizi yang terdapat di dalamnya sangat melimpah. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh dapat menghalau berbagai penyakit yang saat ini mudah menyerang, telur juga mengandung nutrisi yang menyehatkan seluruh berbagai anggota dan organ tubuh termasuk otak.

Deretan Manfaat Telur Ayam Untuk Otak dan Untuk Sumber Tenaga Rendah Kalori

Telur yang diolah secara benar akan menjadi sumber gizi bagi seluruh organ terutama otak. Setiap satu butir telur hanya mengandung 80 kalori dan 6 gram protein. Olahan telur yang benar adalah dengan tidak menambahkan minyak berlebihan yang dapat menurunkan kadar nutrisi. Berikut ini adalah khasiat telur ayam untuk otak dan untuk kebutuhan nutriri tubuh lainnya:

  1. Menjaga kesehatan otak

Telur ayam negeri mengandung vitamin B dan zat aktif kolin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Kedua zat atau nutrisi ini sangat produktif dalam membangun membran sel dalam produksi sinyak otak. Oleh karenanya, mengkonsumsi telur ayam dengan porsi yang benar secara rutin akan meningkatkan kesehatan dan kinerja otak. Beberapa manfaat diantaranya menjadi tidak mudah lupa dan maish banyak lagi.

  1. Mengurangi degenerasi makula

Manfaat telur ayam yang selanjutnya dapat dirasakan karena kandungan zat antioksidan yang ada di dalamnya. Telur memiliki dua zat antioksidan yang aktif memberikan kinerja maksimalnya yaitu zeaxanthin dan lutein. Kedua zat ini sangat baik bagi kesehatan mata dan mengurangi resiko dampak degenerasi makula seperti mata katarak yang paling sering dialami oleh lansia.

  1. Menyehatkan tulang, rambut dan kuku

Kuning telur mengandung beragam nutrisi seperti protein, vitamin E, A, B1 dan C, kolin, fosfor, miner dan masih banyak lagi. Kandungan protein dan vitamin E pada kuning telur tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, rambut dan kuku jika dikonsumsi dengan takaran dan pengolahan yang benar. Konsumsi telur secara tepat dapat menghalau penyakit tulang osteoporosis sejak dini.

  1. Menutrisi kulit

Kandungan vitamin E pada telur ayam juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin E merupakan nutrisi yang diperlukan kulit unutk tetepa terjaga kelembaban dan kesehatannya. Tidak hanya itu, mengaplikasikan masker putih telur yang dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, flek, keriput dan masih banyak lagi. Hal ini dapat membuat kecantikan kulit wajah menjadi lebih terpancar alami.

  1. Menjadikan lauk yang rendah kolesterol

Selain manfaat makan telur ayam untuk otak karena kandungan kolinnya, ternyata telur merupakan pilihan lauk yang paling tepat. Hal ini dikarenakan kandungan lemak dan kolesterol yang terdapat di dalamnya tidak terlalu tinggi. Terlebih untuk bagian putih telurnya yang hanya mempunyai 15 kalori untuk setiap butirnya. Oleh karenanya, konsumsi putih telur rebus merupakan asupan terbaik bagi yang sedang menjalankan program diet.

Setelah mengetahui manfaat telur ayam untuk otak di atas, maka pasti Anda tidak ragu lagi untuk menjadikannya pilihan lauk bagi keluarga kesayangan. Terlebih bagi buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk mendukung tumbuh kembangnya.