Strategi pemasaran telur ayam sangat diperlukan mengingat bisnis dagang telur ayam yang kini semakin banyak dilirik karena prospeknya yang bagus. Dalam segala bidang bisnis, pemasaran merupakan hal pokok yang sangat penting untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk yang dimiliki kepada seluruh halayak. Semakin bagus dan banyak promosi yang dilakukan, maka kemungkinan konsumen akan tertarik dan datang membeli produk yang ditawarkan akan semakin besar pula. Jika konsumen mendapat pelayanan yang optimal, maka mereka secara otomatis akan menjadi pelanggan setia.

Daftar Strategi Pemasaran Telur Ayam

Supaya bisnis telur ayam menjadi semakin sukses dan berhasil, apalagi bagi para pemula, promosi atau pemasaran telur merupakan kata kunci untuk meraih keberhasilan. Berikut ini terdapat beberapa strategi pemasaran telur ayam ras yang dapat dilakukan:

  1. Membuat brosur

Strategi promosi yang pertama ini adalah yang paling mudah yakni membuat brosur mengenai produk telur yang dijual dengan desain menarik. Brosur tersebut dapat sampai ke tangan konsumen dengan menyebarkannya pada para pengunjung pasar dan lain sebagainya. Buatlah list mengenai keunggulan produk telur dan keuntungan jika berbelaja telur di gerai Anda. Jangan lupa untuk sisipkan gambar dan alamat jelas agar konsumen yang tertarik dapat langsung mendatangi gerai.

  1. Memasang iklan baris di surat kabar

Surat kabar merupakan bacaan yang dibaca oleh pelanggannya setiap hari dan memiliki halaman untuk mengiklankan berbagai jenis produk dan bisnis. Untuk itu, pasanglah iklan baris pada surat kabar dengan kata-kata yang singkat namun menarik konsumen untuk membeli produk telur ayam negeri Anda. Pemasaran ayam petelur melalui surat kabar ini dinilai sangat efektif karena banyak orang yang akan membaca.

  1. Memasarkan langsung pada konsumen potensial

Untuk mempromosikan telur Anda pada konsumen, jangan ragu untuk aktif menghubungi mereka baik secara telepon ataupun datang secara langsung. Ingat, hal ini direkomendasikan untuk dilakukan pada konsumen yang potensial atau memiliki kemungkinan besar untuk membeli seperti toko kelontong, pembuat kue atau snack, dan ibu rumah tangga. Jangan lupa untuk menjelaskan keuntungan berbelanja telur di gerai Anda.

  1. Memberikan layanan pemesanan melalui media sosial

Kini promosi yang efektif tidak hanya dilakukan secara offline namun juga online karena kemajuan teknologi informasidan komunikasi yang semakin canggih. Anda dapat memberikan layanan pesan antar melalui media sosial seperti BBM, WhatsApp, Line dan masih banyak lagi. Pembayaran dilakukan pada saat telur diantar.

  1. Mempromosikan telur melalui surel atau email

Selanjutnya, cara menjual telur ayam yang efektif juga dilakukan dengan penawaran secara online kepada konsumen yakni dengan mengirimkan surat penawaran melalui email.

  1. Memberikan souvenir bagi konsumen yang berbelanja dengan nominal tertentu

Pemberian souvenir juga akan membuat konsumen semakin puas dan akan menjadi pelanggan setia. Souvenir dapat diberikan jika konsumen membeli dengan jumlah tertentu misalnya minimal 1 peti atau nominal yang lainnya. Selain membuat perputaran telur ayam berjalan dengan baik, strategi ini juga akan membuat konsumen becerita dan menarik konsumen lain. Barang yang dapat dijadikan souvenir antara lain payung, gelas, topi atau yang lainnya.

  1. Memasang papan petunjuk dan banner yang jelas di depan gerai di gerai telur

Promosi yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan yakni memasang petunjuk arah untuk sampai ke gerai telur Anda. Jangan lupa juga untuk memasang banner di depan toko untuk memperjelas dan menginformasikan pada seluruh pengguna jalan dapat membacanya dan pasti ada di antara mereka yang tertarik untuk mengunjungi dan membeli produk telur Anda.

Setelah mengetahui berbagai strategi pemasaran telur ayam di atas membuat semakin yakin jika bisnis telur ayam negeri dikelola dengan baik maka hasilnya akan maksimal dan pendapatan yang diperoleh akan selalu meningkat setiap harinya seiring berkembangnya bisnis telur ayam.