Telur ayam mengandung zat yang sangat beragam yang kesemuanya diperlukan oleh tubuh agar selalu sehat. Sumber protein hewani yang memiliki bentuk oval dengan tekstur yang khas ini sangat fleksibel untuk dijadikan berbagai olahan dan masakan. Bahkan penyajiannya pun juga sangat fleksibel karena bisa disajikan untuk sarapan, makan siang bahkan saat makan malam. Telur ayam negeri memiliki dua bagian yaitu bagian putih telur dan bagian kuning telur. masing-masing bagian pada telur ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Telur Ayam Mengandung Zat dan Nutrisi Menyehatkan

Baik putih telur maupun kuning telur memiliki kandungan nutrisi yang hampir sangat berbeda. Kandungan telur ayam pada bagian putih telurnya antara lain:

  • Energi sebesar 50 kilokalori
  • Karbohidrat sebanyak 0,8 gram
  • Protein sebesar 10,8 gram
  • Kalsium 6 gram
  • Fosfor 17 miligram
  • Zat besi dan lemak masing-masing 6 gram
  • Vitamin A, B1 dan C masing-masing 0 miligram

Pada kuning telur, kandungan nutrisi dan jumlahnya sangat berbeda dengan kandungan yang terdapat pada putih telur. Berikut ini adalah daftar kandungan nutrisi yang terdapat pada kuning telur beserta penjelasan manfaatnya:

  • Mengandung vitamin yang lebih beragam

Sama halnya dengan putih telur, kuning telur mengandung vitamin namun lebih variatif yaitu vitamin A, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan asam folat. Masing-masing vitamin tersebut memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan mulai dari kesehatan mata, tulang, rambut dan kulit dan masih banyak lagi.

  • Terdapat zat karotenoid

Nutrisi telur ayam  yang terdapat pada bagian kuning telur selanjutnya adalah zat karotenoid. Zat inilah yang memberikan warna kuning pada kuning telur dan sangat efektif menurunkan resiko konsumen telur terhadap penyakit relasi degenerasi serta penyakit katarak. Zat ini juga bekerja sebagai antioksidan bagi mata yang mampu menangkal efek buruk radikal bebas bagi mata yang dapat merusak retina yang mempengaruhi kemampuan fokus mata.

  • Mengandung zat nuren yaitu kolin

Selain baik untuk kesehatan otak, zat kolin juga dapat membantu tubuh dalam meregulasi fungsi kardiovaskuler. Bagi wanita yang mengkonsumsi zat kolin akan terhiondar dari resiko terjangkit penyakit kanker payudara.

  • Mengandung beragam mineral

Tubuh membutuhkan berbagai jenis mineral untuk dapat hidup lebih sehat. Telur ayam negeri memiliki nutrisi mineral yang diperlukan oleh tubuh tersebut diantaranya zat besi, potasium, magnesium, selenium dan sodium. Berbagai jenis mineral tersebut dapat menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh serta sangat bermanfaat untuk mengelola fungsi tubuh supaya lebih optimal.

Perlu diingat, selain gizi telur ayam negeri yang terkandung di dalamnya, telur ayam negeri juga mengandung kolesterol dan lemak yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan damak negatif bagi kesehatan tubuh. Oleh karenanya, konsumsi telur harus disesuaikan dengan takaran yang pas dan diolah dengan cara yang benar supaya nutrisi dapat diperoleh secara maksimal.

Setelah mengetahui bahwa telur ayam mengandung zat dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, maka tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya secara rutin sebagai lauk yang diolah dengan sehat dan dengan takaran yang sesuai.