Supplier telur adalah pihak yang memasarkan telur dari pihak produsen ke pihak pedagang. Jika ingin menjalankan bisnis telur ayam yang sukses dengan modal yang rendah, salah satu cara yang bisa dilakukan selain dengan menjadi seorang peternak ayam petelur adalah dengan menjadi suplier telur ayam. Hal ini sejalan dengan pangsa pasar telur ayam yang masih sangat tinggi dengan permintaan yang stabil.

Menjadi suplier telur ayam akan menguntungkan, karena hampir semua orang menyediakan telur sebagai kebutuhan pokok harian mereka. Selain itu, harga telur yang cukup tinggi bisa memberikan keuntungan tersendiri dari segi finansial. Modal awal yang tidak begitu tinggi pun juga menjadi alasan yang kuat untuk menjadi suplier telur daripada peternak ayam petelur.

Namun untuk menjadi supplier telur ayam sukses, tentu akan ada hambatan dan kendala di depan sana. Untuk itu, tetap dibutuhkan semangat yang kuat dan sikap yang tidak pantang menyerah dalam berbisnis. Percayalah, pengalaman yang akan berbicara. Lalu bagaimana cara untuk menjadi suplier telur yang sukses? Tentu saja dengan mempelajari tips-tipsnya.

 

Suplier Telur Ayam Sukses

Berikut ini ada beberapa cara sukses berdagang telur ayam untuk calon pengusaha suplier telur. Semoga bisa membantu.

  1. Memiliki jiwa kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan dibutuhkan dalam setiap usaha, termasuk usaha suplier telur ayam ini. apalagi untuk jenis usaha yang membutuhkan karyawan dan sumber daya manusia yang banyak. Tentu saja dalam menyalurkan telur, akan dibutuhkan setidaknya supir atau sumber daya manusia lain yang membantu. Sikap kepemimpinan dibutuhkan.

  1. Dispiplin dan tanggung jawab

Selain itu, disiplin dan tanggung jawab juga diperlukan. Berikan contoh yang baik untuk para karyawan, agar pengiriman telur ke pedagang bisa berjalan tepat waktu dan sesuai dengan permintaan. Selain itu, sikap tanggung jawab juga diperlukan, terutama mengenai kualitas telur. Pihak suplier harus bisa mempertanggungjawabkan kualitas dan kuantitas telur yang akan disalurkan.

  1. Manajemen kerja yang baik

Manajemen kerja juga diperlukan. Apalagi jika pihak suplier menggunakan jasa peternak ayam yang belum besar. Manajemen kerja dengan para karyawan juga perlu. Harus ada pembagian tugas yang jelas, waktu kerja yang jelas, serta catatan-catatan transaksi yang jelas. Hal ini digunakan untuk meminimalkan kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi, mengingat dalam mengirimkan telur kepada para pedagang diperlukan jasa orang lain seperti supir.

  1. Berpikir positif

Untuk menjadi suplier telur ayam yang sukses, diperlukan juga pikiran positif, baik dari pihak pemilik usaha maupun pihak karyawan. Oleh karena itu, selalu sikapi karyawan dengan sikap yang baik agar timbal balik yang mereka berikan juga baik. Sikap tegas dan disiplin memang penting, namun jangan sampai hal itu menjadikan jarak antara pemilik usaha dengan karyawan.

  1. Selalu menjaga kualitas telur

Untuk menjadi supplier telur ayam ras yang sukses, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga selalu kualitas atau mutu telur yang akan dipasarkan. Banyak pengusaha telur yang gagal karena telur ayam yang dipasarkan memiliki kualitas yang tidak baik. Akibatnya, banyak pelanggan atau pedagang yang kecewa dan tidak ingin lagi membeli  telur di suplier tersebut. Oleh karena itu, pasokan telur dari produsen atau peternak harus selalu dicek dan diteliti. Jangan sampai ada yang buruk dan busuk.

Demikian tips menjadi supplier telur yang sukses. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis.