Harga telur terbaru harus segera ditetapkan, baik dari pihak produsen, distributor, maupun pedagang eceran telur ayam negeri. Hal ini dilakukan mengingat tolok ukur penentuan harga jual akan selalu berbeda-beda, tergantung faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya permintaan di pasaran.

Harga Telur Terbaru dan Tujuan Penetapannya

Update harga telur terbaru itu sangat penting, karena harga adalah satu-satunya faktor penentu keberhasilan sebuah usaha atau bisnis, terutama dalam bisnis makanan yang tidak bisa bertahan lama seperti telur. Dalam bisnis telur ayam negeri, ada beberapa tujuan dalam menentukan harga jual telur, diantaranya:

  1. Kelangsungan hidup perusahaan

Tujuan utama mengapa harga telur ayam terbaru harus diupdate dan segera ditentukan adalah untuk memenuhi kelangsungan hidup sebuah usaha. Jika harga jual telur tidak segera ditentukan atau ditetapkan dengan rentan harga yang tidak sesuai dengan harga pasar, maka kelangsungan hidup perusahaan tidak akan berjalan baik. Jika perusahaan tidak memiliki kelangsungan hidup yang baik, maka risiko kerugian akan semakin besar. Oleh karena itu penetapan harga jual telur perlu dilakukan secara tepat dan akurat.

  1. Keuntungan maksimal sekarang

Beberapa pihak produsen atau distributor membutuhkan informasi harga telur terbaru sebagai acuan penetapan harga jual telur yang akan dipasarkan. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan maksimal sekarang yang sekiranya bisa diperoleh secara penuh, tanpa harus kehilangan calon konsumen karena harga jual terlalu tinggi. Banyak pihak yang percaya bahwa memaksimalkan keuntungan sekarang akan berpengaruh pada arus kas yang maksimal juga secara jangka panjang.

  1. Pendapatan maksimal sekarang

Pihak produsen dan jug adistributor juga ada yang menetapkan harga jual telur ayam negeri dengan tujuan untuk mendapatkan pendapatan maksimal sekarang dari penjualan mereka. Memaksimalkan pendapatan sekarang diepercaya akan mampu memaksimalkan juga keuntungan jangka panjang dan kestabilan pangsa pasar yang ada.

 

  1. Penjualan unit maksimal

Tujuan penetapan harga telur terbaru juga untuk memaksimalkan unit penjualan. Beberapa pihak produsen dan distributor telur percaya bahwa jumlah unit telur ayam negeri yang terjual dalam jumlah yang tinggi akan mampu menghasilkan biaya per unit telur yang lebih rendah. Hal ini akan membuat laba jangka panjang yang lebih tinggi, baik pada segi produsen, distributor, ataupun pedagang. Selain itu, jika unit telur terjual dalam jumlah maksimal, risiko kerugian karena penurunan kualitas telur juga bisa diminimalkan, karena stok telur akan selalu mengalami pembaharuan dengan cepat.

  1. Mutu produk

Kualitas atau mutu telur ayam negeri juga bisa dijadikan tujuan utama dalam penetapan harga telur terbaru. Seperti yang diketahui bersama bahwa telur yang baru dan berkualitas seharusnya memiliki harga jual yang lebih baik jika dibandingkan dengan telur lama yang kualitasnya sudah menurun. Ada beberapa produsen atau distributor yang menetapkan harga telur terbaru mereka dari kualitas yang mereka miliki. Walau mungkin harga akan lebih tinggi dari para pesaing lainnya, mutu dan kualitas produk akan tetap memenuhi pendapatan yang baik selama penjualannya juga baik.

  1. Skimming pasar maksimal

Skimming pasar hanya bisa dilakukan pada kondisi dimana ada konsumen yang akan membeli dalam jumlah tinggi sekaligus. Hal ini akan mempengaruhi harga jual per unit, sehingga mungkin keuntungan akan lebih menurun pada pihak produsen atau distributor. Namun, ada juga beberapa pihak yang menentukan harga jual telur ayam dengan tujuan tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai tujuan penetapan harga telur terbaru. Semoga bermanfaat.