Usaha jual telur keliling mungkin bisa menjadi peluang yang menguntungkan apabila Anda bingung ingin berbisnis apa atau mungkin sedang mencari bisnis sampingan sebagai penghasilan tambahan. Usaha jualan telur seperti ini memang sangat menarik khususnya bagi para pemula yang hanya punya modal kecil karena semua orang biasanya membutuhkan telur sebagai konsumsi sehari-hari. Untuk cara berjualan keliling sendiri Anda bisa memakai berbagai macam transportasi, misalnya motor, mobil, truk, sepeda, bahkan sampai gerobak atau cukup dipikul memakai keranjang. Jadi pada tips kali ini kami asumsikan bahwa Anda sudah mempunyai modal yaitu berupa telur yang siap ditawarkan ke orang-orang serta kendaraan yang ada.

Tips usaha jual telur keliling bagi pemula

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membawa telur untuk dikelilingkan. Jangan sampai Anda mengecewakan pelanggan atau calon pembeli karena melakukan kecerobohan:

  1. Seleksi telurnya dengan baik

Telur ayam yang ingin dibawa betul-betul harus diseleksi dengan baik, mungkin Anda telah mendapatkan banyak sekali telur dari supplier terpilih tapi bisa jadi tidak semua telur berkualitas bagus bahkan mungkin ada yang sudah busuk. Usaha jual telur ayam keliling sebaiknya membawa telur-telur yang berkualitas baik saja. Kemudian untuk memudahkan Anda berjualan, sebaiknya pisah-pisahkan telur sesuai dengan ukurannya dan kelompokkan. Misal telur yang berukuran besar dengan telur besar lainnya, sedangkan telur ukuran kecil dipisahkan tersendiri.

  1. Tentukan harganya

Ukuran mempengaruhi harga yang akan ditawarkan kepada calon atau target pembeli Anda. Tentunya untuk telur berukuran besar akan jauh lebih mahal daripada telur ayam negeri berukuran kecil ketika Anda memulai bisnis jual telur keliling ini. Selain membeli 1 rak atau grosir dengan membeli per butir tentunya akan jauh lebih murah, Anda pun juga bisa melakukan siasat ini agar calon pelanggan menjadi tertarik beli banyak.

  1. Telur disimpan pada wadah yang baik

Wadah penyimpanan telur juga haruslah yang baik dan dapat menjaga telur agar tak mudah pecah/ retak. Jika ada telur yang pecah, sebaiknya segera pisahkan dengan telur lainnya agar tidak mempengaruhi tampilan serta bau telur yang lainnya. Selain itu, ada tips dalam melakukan jualan telur keliling ini, misal ada mengemas telur yang dijual eceran misal 5-10 telur dengan kemasan yang bagus, maka harganya bisa dinaikkan sedikit. Tentu ada pembeli yang senang membeli telur dengan kemasan yang bagus dan berkualitas.

  1. Cara berjualan

Cara berjualan ditentukan oleh banyak hal, misalnya modal kendaraan yang ada, lokasi tempat berjualan, serta seberapa banyak telur yang dibawa. Jika Anda membawa telur yang banyak maka sebaiknya kelilinglah dengan kendaraan bermotor misalnya mobil atau motor, dengan cara inipun Anda bisa mudah menjangkau berbagai macam tempat. Kalau ingin lebih hemat, bisa cukup dengan jalan kaki, memang cara ini lebih melelahkan dan hanya dapat dilakukan jika lokasi jualan dekat.

  1. Lokasi berjualan

Anda bisa berjualan di mana saja, namun tetap tentukan targetnya misal di area atau wilayah yang terdapat banyak warung, pasar, kios, maupun perumahan merupakan tempat yang strategis untuk usaha jual telur keliling mudah Anda. Jika memakai mobil dengan bak terbuka maka Anda bisa berjualan keliling di jalanan besar.

Dalam usaha jual telur keliling, akan lebih baik jika Anda berjualan telur ayam negeri karena modalnya mendapatkan dari supplier akan jauh lebih murah dibandingkan telur ayam kampung sehingga Anda bisa dapat untung lebih banyak.